Subscribe to our RSS Feeds

Maw tahu sapa yang punya ? chat aja..

/

Belajar Untuk Lebih Mengerti Diri Sendiri, dan Orang Di sekitar

1 Comments »
Assalamualaikum......

aduh,,,duh,,duh,,,tulisan perdana di 2010
7 bulan kmren Bneer² Mati kutu aq,... g ada satu postingan sama Sx yang aq buat.. dan kali ini moga PostinganQ bermanfaat...

Pikiran manusia memang sulit untuk dikendalikan, Dalam hidup, terkadang kita banyak mengunakan pembenaran untuk hal yang sebenarnya salah / kurang baik, dalam hal ini adalah karena untuk pembelaan terhadap diri sendiri.
Dan terkadang kita tidak dapat melihat kebenaran dan kebaikan yang dilakukan oleh orang lain, yang dalam hal ini dikarenakan oleh iri hati atau ketidaksukaan pribadi.


Masa kuliah.. memang masa kita membuka diri untuk dunia yang lebih luas.. membuka pikiran kita agar lebih dewasa, membuka segala yang ada pada diri kita untuk bisa lebih mengetahui bagaiamana kita d dunia "Luar".

Segala Aktifitas d luar dunia perkuliahan merupakan sarana yang tepat buat kita untuk mengeksplor diri kita sedalam-dalam nya.. dan menentukan identitas kita. Bagaimana seh Aq yang sbnernya ? seberpa jauh seh aq bisa nyesuain dengan lingkungan yang ada??

dengan ikut menjadi aktifis, ikut UKM, Ikut HMJ, atau organisasi lainnya adalah cara kita untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang baru dan lingkungan yang baru.


mungkin untuk kita atau kalian sebagai mahasiswa baru (MABA) masa-masa d semester-semester awal adalah waktu yang tepat buat kita untuk mengambil pengalaman yang sebanyak-banyaknya.. dengan mencoba hal-hal yang baru yang blm pernh kita tau *tapi g asal mencoba ja* harus d barengin dengan kemampuan dan kemauan.

belajar dari pengalaman seseorang adalah sesuatu yang baek. dan dalam hal ini aq mencoba berbagi apa yang aq tau dan apa yang aq alamin sebagai orang lain di sekitarnya...

ada seorang cwek yang menurtQ dia adalah cwek yang spesial, selalu semangat, energik, pantang menyerah, ramah, dan gampang membaur dengan orang.

3 tahun yang lalu Dia adalah MABA d salah satu Universitas di luar kota. awal-awal smester emang dia masih perlu menyesuaikan diri dengan lingkunga di sekitar.. tapi karena sifat dia yang ramah dan gampang membaur g perlu waktu lama buat dia untuk beradaptasi dan punya temen-temen yang baek.

seiring berjalannya waktu dia semakin dewasa dan dewasa... mulai aktf di dalam organisasi-organisasi.. dari situ adalah awal mulai dia melihat dunia luar yang ternyata g seprti bayangannya ketika masih SMA.

dengan berjalannya waktu permasalahan-permasalahan hidup sebagai seorang mahasiswa datang dalam hidupnya... mulai masalah dengan sahabat-sahabatnya..dengan kuliah nya sndri..dengan organisasiz bahkan mungkin dengan diri nya sndiri.

tapi dia adalah orang yang maw belajar dari setiap permasalahan yang sudah menerjang hidupnya.. dia mulai mencoba untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang ada..

dengan solusi itu Dia Bisa..tapi terkadang dia juga melalaikan diri nya sndri dan mungkin juga orang di sekitarnya.. bukan karena rutinitas yang padet.. klo mengkambing hitamkan rutinitas kayaknya emng g etis *toh semua orang juga pasti punya rutinitas yang juga padet* tapi dalam hal ini.. layaknya kita coba untuk lebih mengerti sampai mana seh batas kemampuan kita. g perlu d paksain yang emng kiranya g mungkin.. karena emng kita g selalu bisa perfect.

Sekarang aq maw tanya untuk temen-temen mahasiswa yang juga aktf d luar dunia perkuliahan?? apa iya pantes kita ngorbanin kuliah kita... ngorbanin orang tua kita yang susah payah membiayain uang kuliah kita. apa seh yang kita cari selama kita kuliah ? pengalaman hidup menjadi mahasiswa?? kalo emng iya sampai kapan? apa maw sampai tua kita mengabdi buat cari pengalaman d dunia mahasiswa??

setidaknya kita sadar.. kita juga punya masa d mana kita harus bisa untuk mengerti diri sndiri.. " eh iya ya,.. kita dah smester atas.. sudah saatnya untuk PKL, KKN, Mikirin topik skripsi dan bahkan untuk skripsi itu sendiri*

karena pengalaman hidup yang sbnernya adalah setelah kita lulus kuliah... mencari pekerjaan, berumah tangga. itulah pengalaman hidup yang sbenarnya.. *tapi ya bukan berarti masa waktu kuliah ada pengalaman yang tdak sbnernya*


Dia di sana sebenarnya mengerti akan hal ini... pesan buat dia dari aq "KAMU TAU YANG TERBAIK BUAT KM, BUAT ORTU KM, DAN BUAT ORANG YANG ADA D BELAKANGMU"

Sulitnya melihat kebaikan sebagai kebaikan, kesalahan sebagai kesalahan.
semua dikarenakan sangat sulit untuk menilai diri sendiri,
Sulit membangkitkan kebaikan di dalam diri, dan sulit mengendalikan kesalahan diri sendiri.


"ada satu cerita renungan buat kita.. tentang anak burung unta yang ingin belajar terbang,. Dia merasa malu karena orang tuanya dan kelompoknya tidak bisa terbang, sedangkan sejak dilahirkan dia sering sekali mengamati burung-burung lain yang dapat terbang kesana-kemari.
Sedangkan hidup mereka hanya bisa berlari kesana-kemari, menari dan berputar-putar.
Akhirnya ketidakpuasan akan hidup pun melanda dirinya.

Dia pun pergi meninggalkan komunitasnya dan berguru pada burung gereja. Kawanan burung gereja pun menertawakannya dan mereka meninggalkan anak burung unta itu sendirian.
Anak burung unta tersebut pantang menyerah, terus mencari guru baginya untuk bisa terbang, dan pergi menemui kawanan burung beo, burung beo pun berkata: ”Aku sejak lahir sudah punya sayap, tetapi aku hanya dilatih untuk bicara, hidup dalam kandang bagaimana bisa terbang, orang membutuhkan suaraku, bukan keindahanku dalam mengepakan sayapku.”

Lalu anak burung unta tersebut, masih penasaran dengan guru yang mungkin dapat membantunya belajar terbang dia pun mencari burung elang, Burung elang dengan sombongnya berkata:” Lihat badanmu yang begitu besar, bagaimana kau bisa membawa badanmu yang berat itu untuk mengarungi angkasa raya? Sudah jangan bermimpi…. Pulang saja sana!”
Masih pantang menyerah dan pergi menemui burung nazar (burung pemakan bangkai).

Lalu Kawanan burung nasar itu senang dengan hadirnya burung unta yang bodoh itu sebab dia adalah santapan lezat untuk mereka. Mereka pun berkata: ”Hai anak burung, Kami akan mengajarimu terbang, tetapi kamu harus terbang dari puncak bukit ini dan terjun ke jurang dibawah sana dengan mengepakan sayapmu. Sekarang belajar dulu di daratan ini untuk mengepakan sayapmu, kemudian berlari sekuat tenaga untuk terbang melewati puncak tebing ini sampai di puncak tebing seberang ”

Apa yang terjadi? Burung onta itu jatuh ke dalam jurang dan menjadi mangsa empuk bagi para burung nazar yang kemudian berpesta pora.

"Seandainya burung unta itu mendengarkan nasihat orang tuanya, maka ia akan baik-baik belajar tarian burung unta, dan akan hidup dengan bahagia menghibur semua orang di kebun binatang dengan keanggunan tariannya, membuat dirinya dihargai sebagai burung ‘balerina’ dan ‘penari handal’, atau pun sebagai ‘burung pelari marathon’ . Tetapi semua berubah mengenaskan karena kebodohannya dan ketidakpuasan dirinya".


dan dari cerita d atas sebaeknya kita tau bagaimana diri kita ?? seberpa besar kemampuan diri kita ??


moga postingan yang aq buat ini bisa bermnfaat buat orang lain dan buat diriQ sndiri khususnya..


*nb: Maaf untuk DIA klo seumpama postingan ini menyinggung perasaanNya.aq bikin ini bukan untuk menyudutkn atau apa². hanya ingin mengungkpkan apa yang aq rasain

Wassalamualaikum....

1 Response to "Belajar Untuk Lebih Mengerti Diri Sendiri, dan Orang Di sekitar"

Poskan Komentar

My Recent Comment

iroel.web.id

......