Subscribe to our RSS Feeds

Maw tahu sapa yang punya ? chat aja..

/

Biar Windows gak gampang “Rewel” !!

0 Comments »
Biar Windows gak gampang “Rewel” !!

Hang, atau munculnya Blue Screen dan Error sejenis di Windows bukan tanpa alasan. Ada beberapa penyebab hingga Windows bener-bener bikin kita jengkel banget gitu lhoo..h!! Berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

1. Pastiin kalo Hard Disk udah terbagi menjadi beberapa partisi, tujuannya untuk membatasi gerak “system” dalam Hard Disk. Karena apa? karena setiap kali kita menginstall Windows, system operasi ini akan diinstall dalam “C:\WINDOWS” untuk windows 95, 98, ME, dan XP, dan “C:\WINNT untuk WinNT atau Windows 2000.

Meski kadang-kadang banyak orang yang ngga’ perduli perkala kecil ini, persoalan ini bisa jadi penyebab munculnya Hang, Crash dan sebagainya.

2. Pastiin juga setiap kali nginstall software-software baru selalu arahkan pada “Program Files”, tujuannya adalah agar file-file yang diinstall tertata dengan rapi pada satu direktori. Contoh pada saat menginstall program2 baru pada saat penentuan dimana program tersebut akan diinstall software secara default mengatur akan diletakkan di C (C:\Style XP), gantilah dengan “C:\Program Files\Style XP”. Tanda “ ” diperlukan karena setiap ‘Long Filename’ (nama file yang boleh memiliki spasi) perlu ditambahkan tanda “ “ .

3. My Documents adalah folder yang selalu menjadi tumpuan banyak software, terutama Microsoft Office dan software 3rdparty yang lain. Setiap kita akan menyimpan sesuatu dari Microsoft Word, Excel, Power Point, Zip file dan sebagainya, Windows akan memunculkan kotak Save yang secara Default akan menunjuk pada folder My Documents . Folder inilah yang biasanya memunculkan “fragmented file” (file yang bertaburan) di dalam Hard Disk.
Untuk mencegahnya klik kanan pada forder My Documents dan pilih Properties, pada tab ‘Target’, pada ‘Target folder location’ gantilah dengan D (anda bisa meletakkannya pada E, F atau drive yang lain tergantung kondisi dan keinginan anda) dan pilih Move . . . ,






Windows akan menanyakan “ Are you want to move your file ..” Tekan saja Yes agar memindahkan semua isi folder My Documents dari C ke drive yang sudah anda tentukan. Sekarang pastikan bahwa folder My Documents sudah berada pada drive yang anda tentukan tadi.

Anda bisa merasakan sendiri saat akan men’Defrag’ Drive c:\,proses Defragment akan terasa lebih cepat karena tidak banyak fragmented file(file yang bertaburan) dalam c:\.
14.31.00

0 Responses to "Biar Windows gak gampang “Rewel” !!"

Posting Komentar

My Recent Comment

iroel.web.id

......